Kenapa ya Ko Kawasaki Tidak Dijadikan Acuan Dalam Persaingan Kelas Yamaha dan Honda ?? Ini Jawabanya


Kenapa ya Ko Kawasaki Tidak Dijadikan Acuan Dalam Persaingan Kelas Yamaha dan Honda ?? Ini Jawabanya ...


Saya kira  boleh dikatakan kalau penguasa segment otomotif sport di Indonesia adalah Kawasaki. Engga percuma th 2012 saat launching saya meminang Ninja 250FI dan kemudian Er6n. Proudful Kawasaki rider !!
Namun tetap saja pada saat Yamaha atau Honda mendesain, memproduksi dan memasarkan produknya pada kelas sport pertempurannya selalu head to head antara Yamaha vs Honda. Kawasaki engga direken.
Th 2004 ketika Yamaha akhirnya memutuskan untuk memutakhirkan raja jalanannya: RX-King, yang terjadi justru Yamaha tidak berusaha mengungguli pesaingnya di kelas 2 tak saat itu: Kawasaki Ninja 150R.

Yamaha tidak berusaha menyaingi Ninja 150R

Yamaha justru ingin mengalahkan raja sport kala itu: Honda Tiger 2000. Yamaha loncat jalur dari 2 tak ke 4 tak, mengadopsi mesin Serow dan melansir Yamaha Scorpio. Scorpio mengandalkan mesin yg lebih modern, kubikasi dan top speed yg lebih besar. Sayangnya desain dan reaksi pasar pas-pas-an. Scorpiopun ikut difacelift th 2010 mengikuti Tiger Revo hasil facelift sebelumnya, namun tetap sulit mengalahkan Tiger.


Scorpio datang dg mesin yg lebih bertenaga namun tetap kesulitan menggeser Tiger

Begitu pula sebaliknya, ketika Yamaha sudah berjaya dengan produk andalannya Vixion (2007-2012) yg terjual 1 juta unit, Honda mendesain CB150R yang mnrt banyak orang mirip sekali Vixion lama.

pertarungan akhir thn 2012 di kelas mid sport 150cc. Yamaha New Vixion Vs Honda Streetfire

Nah saat inipun, ketika Honda sudah start duluan dengan kelas sport 250 cc (CBR 250) dan sport serius 150cc (CBR 150 baik versi lama maupun baru), yang ada dalam benak Yamaha adalah bagaimana caranya mengalahkan pesaing abadinya satu ini dengan mendatangkan dua varian sport yang dikembangkan oleh Yamaha India yakni R15 dan YZF-250.

Yamaha R15 v2  Vs  CBR 150R

kelas yang akan paling berdarah-darah pertarungannya. Apalagi kalau diganggu dg P200NS

Yamaha YZF-250  Vs  Honda CBR 250R

Performa di atas kertas YZF menang telak dibanding CBR250. CBR 250 awalnya didorong utk mengganggu posisi Ninja 250, namun akhirnya bertengger pada kelas yang terpisah. 

Menurut bbrp media kedua produk flagship Yamaha ini akan mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2014. Untuk R15 mungkin sedikit lebih awal. Semoga nantinya bisa produksi lokal atau minimal ASEAN (seperti CBR series yg dibuat di Thailand), krn kalau ambil dr luar ASEAN, pajaknya akan lebih tinggi.
“Kasian” bener ya Kawasaki, meski sudah all-out dan terkenal dengan segment sportnya, tapi kok tetap aja dicuekin, ga dihitung sebagai target persaingan oleh Yamaha dan Honda kalau di Indonesia. Bahkan kalau fansboy berantem di blog, hanya antara FB Yamaha melawan FB Honda, sekali lagi Kawasaki santai saja. Kawasaki memang memilki kelas dan battlefield yang berbeda!
sumber >> https://7leopold7.com

0 Response to "Kenapa ya Ko Kawasaki Tidak Dijadikan Acuan Dalam Persaingan Kelas Yamaha dan Honda ?? Ini Jawabanya"

Posting Komentar