Enakan Mana Tarikan Pake Karburator PE 28 vs PWK 28 ?? ini Jawabanya..


Enakan Mana Tarikan Pake Karburator PE 28 vs PWK 28 ?? ini Jawabanya..




KARBURATOR PE 28


Karburator pe 28 ini aslinya adalah karburator standar pada motor Honda NSR 150SP. Honda NSR 150SP sendiri berstatus Completely Build Up alias hanya dijual oleh importir umum pada akhir tahun 2000-an di Indonesia. Menariknya sekitar tahun 2004-2005 barulah booming motor motor kohar dan balap liar baik 2-tak maupun 4-tak beramai ramai menggunakan karburator pe 28 ini.

Mas Waluyo menjelaskan bahwa salah satu rahasia populernya karbu ini adalah ukuran venturinya yang pas untuk motor mulai dari 125-200cc baik modifikasi harian maupun semi-kompetisi. Karakternya pun cenderung halus pada putaran bawah tapi putaran atasnya ngisi terus. Nah delivery outputnya yang halus dari low-mid rpm ini membuat pe 28 sangat cocok diaplikasikan menggantikan karbu vakum pada motor motor standar 150-200cc. Istilahnya “responsip tapi gak bikin sport jantung” ditambah settingnya yang mudah membuat power output motor standar bisa terkerek naik tapi konsumsi bensin tidak terlalu boros.

KARBURATOR PWK 28

Karburator Pwk 28 ini adalah karbu bawaan motor Kawasaki KX-80/100 Sepesial Engine. Namun di-Indonesia yang lebih populer adalah versi sudco nya. Bedanya adalah klo pwk 28 kx dari sononya di-setting dan di-maximalkan untuk motor SE, pwk 28 sudco di-setting dan di-optimalkan untuk berbagai jenis mesin pembakaran dalam.

Buat sobat yang masih ingat kesan pertama kali nge-bleyer karbu pwk sudco ini pasti agak kaget juga dengan karakter karbu yang sangat sangat responsif sampai sampai jantung ber-sport ria. Bahkan pwk kx karakternya lebih narik badan lagi…sementara pwk sudco itu lebih halus akselerasinya. Memang karakter khas pwk seperti itu karena secara fisik saja dia lebih ramping/tipis dibanding pe 28 dengan skep botolnya. Disempurnakan lagi dengan strukturnya yang memiliki 4 lubang sinyal (quad-vents) yang membuatnya lebih peka/sensitif pada perubahan kevakuman antara intake dengan udara luar. Dengan settingan yang tepat karburator pwk 28 mampu mengeluarkan power yang lebih besar dibanding pe 28.

KARBURATOR PWK UMA



Karburator Pwk UMA adalah karburator after-market yang dibuat oleh UMA Racing dari Malaysia. Pwk uma ini serupa tapi tak sama dengan pwk 28 sudco. Pwk uma ini diklaim juga mudah disetting dan setelah ketemu, masih bisa disempurnakan lagi/fine tune karena karburator ini memiliki power-jet, untuk menyuplai bensin khusus pada RPM tinggi. Jadi apabila spek motor-mu sudah menggunakan klep gede, noken gendut, isian titanium dan magnesium, serta siting klep gamma bronze tapi kok rasanya power atasnya masih kurang gregget, coba deh setting ulang power jetnya.



Semoga ulasan ini bermanfaat, bagikan ke temen temen yang lain ya bro supaya mereka pd tahu.


sumber >> http://jogjamodifikasimotor.com/

0 Response to "Enakan Mana Tarikan Pake Karburator PE 28 vs PWK 28 ?? ini Jawabanya.."

Posting Komentar