Nih Buat Yang Pingin Naik Stroke Piston RX-Spesial Jadi RX-King.


Nih Buat Yang Pingin Naik Stroke Piston RX-Spesial Jadi RX-King. 
 
Di surat pembaca atau Motomail MOTOR Plus edisi lalu, ada permintaan menarik dari Raden Kangmas Susilo. Permintaannya begini: “Gan tolong dong dibahas perbedaan connecting rod Yamaha RX-King dengan RX Spesial,” pinta Raden Kangmas Susilo di inbox Facebook Tabloid MOTOR Plus.


Sepertinya Bro Raden mau main modif mesin ya? Pasti mau bore up Yamaha RX-Special jadi seperti RX-King. Agar kapasitas RX-Special yang 115 cc jadi 135 cc seperti RX-King. Iya kan Bro? Atau memang mau naik stroke di motor 4-tak menggunakan setang seher motor 2-tak?
Kalau mau menaikkan kapasitas silinder RX-Special jadi 135 cc memang harus ganti setang seher milik RX-King. Karena kalau mau jadi 135 cc harus aplikasi piston RX-King yang punya lubang pen seher lebih besar. Kenapa? Karena lubang pen seher di setang piston RX-Special kecil sedang di RX-King lebih gede. Sehingga tidak bisa masuk dipasangi seher RX-King. Solusinya ganti conecting rod alias setang seher.  
Namun supaya jelas, yuk kita bahas dulu perbedaan setang seher RX-King dan RX-Special. “Memang sih panjang setang seher RX-Special dan RX-King sama-sama 99 mm. Tapi, yang membedakan ukuran lubang pen seher dan panjang setang dalam. Sedangkan ukuran big end sama juga,” jelas Sugeng dari Cineng Motor, di Batas Kreo, Tangerang.


 ARA UKUR SETANG SEHER:
Agar lebih jelas kita mesti tahu dulu cara mengukur panjang setang seher. Sambil lihat gambar. Rumus mengukur panjang setang seher = Pan­jang setang terdalam (A) + setengah di­ameter big end (B) + setengah diameter pen seher (C).
Lebih sederhanya, panjang setang seher (L) yaitu:
L = A + ½B + 1/2C
Ambil contoh setang seher Yamaha RX-King. Diameter lubang pen seher C = 19 mm, diameter big end B = 27 dan panjang setang terdalam A = 76 mm. Kalau kita gunakan rumus itu, maka panjang setang seher RX-King:
L = 76 + (1/2 x 27) + (1/2 x 19)
  = 76 + 13,5 + 9,5
 Jadi, panjang setang seher RX-King = 99 mm.
Kalau mau tahu lebih, silakan hitung sendiri panjang setang seher RX Spesial. Pasti hasilnya 99 mm juga kan?
TF:  Panjang setang seher (L) = A + 1/2B + 1/2C


RX-SPECIAL JADI 135 CC
Menurut Chandra Sopandhi dari bengkel bubut Master Tjendana, Bandung, kalau RX-Special mau jadi 135 cc, silakan ganti setang seher pakai punya RX-King. Sekalian beli berikut seher setnya. Karena seher RX-Special hanya 54 mm. Sedangkan milik RX-King 58 mm.
Menurut Chandar, tidak perlu ganti boring. Langsung saja boring RX-Special dikorter. Masih bisa tebal kok. Sehingga bisa masuk seher RX-King.

Baca Juga >> Begini Caranya Supaya Lampu RX-King Tambah Terang. 

sumber >>  motorplus-online.com 

0 Response to "Nih Buat Yang Pingin Naik Stroke Piston RX-Spesial Jadi RX-King. "

Posting Komentar