2 Stroke 400cc !! Gimana Tenaganya ya ?? Inilah Spesifikasi RD400


2 Stroke 400cc !! Gimana Tenaganya ya ?? Inilah Spesifikasi RD400 
kali ini akan saya bahas mengenai yamaha RD400 yang di restorasi menjadi sebuah motor yang sangat indah sekali. Siapa yang tidak mengenal dengan yamaha RD400, motor yang di produksi pada tahun 1970-an ini adalah salah satu motorsport legendaris yamaha pada waktu itu. Jika kawasaki menawarkan motorsport yang memiliki kekuatan brutal dan garis desain yang indah, sedangkan suzuki menawarkan motorsport yang memiliki tingkat daya tahan tinggi yang tidak di ketahui oleh para kompetitor maka yamaha punya produk yang berkharisma yakni yamaha RD400.



Awalnya Sean skinner di tawari temanya untuk merombak yamaha RD di rumah customnya yakni Motorelic di hamilton dia sempat menolaknya namun karena bujuk rayu temannya akhirnya menyepakatinya. Sempat untuk mundur karena proyek ini namun setelah lama-lama diamati dapatlah ide untuk membuat motor ini kembali menunjukkan kharismanya. Langkah awalnya memahami motor ini kemudian membuat konsep mau di jadikan apa project ini.
Pertama yang harus di lakukan adalah memperbaiki sektor mesin, dimana karena sudah termakan usia pemakaian maka ada beberapa part yang sudah seharusnya diganti agar performa kembali normal bahkan bisa berlebih. Motor dengan mesin 398cc 2 stroke berpendingin udara, paralel twin ini di muali dengan penggantian silindernya. Blok mesin di ganti bantalan yang baru dan juga satu set piston baru. Mereka cukup takjub dengan harga yang menguras isi dompet si empunya. Namun mereka menyebut ini proyek luar biasa untuk membangun salah satu motor tercepat di darat pada saat itu.



Semua di sesuaikan dengan blok mesin pendek yang baru dengan gasket baru dan kopling baru yang di pasang untuk mengantisipasi power motor ini yang liar. Banyak ide datang sesaat saat pembuatan restorasi motor yamaha klasik ini. Dan tidak lupa untuk memasang pipa knalpot yang benar-benar bisa menambahkan power motor ini yang awalnya berkisar 40hp bertambah lagi 13hp menjadi sekitar 53 hp. Itu semua berkat pipa knalpot Y-pipe dan juga karburator mikuni yang mumpuni.
Setelah bagian mesin sudah di anggap mumpuni maka langkah selanjutnya adalah bagian body, mau di bawa arah desain motor ini. Yang perlu di rubah dari motor ini adalah frame dimana sang modifikator ingin membuat buntut motor ini terlihat runcing kecil namun garis desain yamaha RD tetap di pertahankan. bagian jok juga di buat lebih matching namun menawarkan interpretasi stylish modern. Fender elakang di buat berkontur menyesuaikan alur ban namun masih tetap fungsional. Dan tantangan datang pada area tangki dan juga baterai ( aki ) bagaimana mengatasi model ini.



Setelah beberapa bagian selesai kini tba saatnya untuk ke tahap pengecetan, area yang akan di cat adalah bagian body bagian luar, swing arm menyeluruhdi beri lapisan hitam glossy agar terlihat tidak berlebihan karena juga ingin mekspose area mesin. Pekerjaan pengecetan sendiri di lakukan di toko khusus cat otomotif craig agar mendapatkan hasil yang sempurna. Ide pun datang dengan ingin menaburkan cat di motor ini dengan warna kombinasi biru, grafis putih dan juga hitam. Bila terkena sinar matahari maka warna yang lebih gelap dari biru tadi akan nampak lebih terang sehingga seperti memancarkan efek 3D atau bahas kerennya teknology kamera 2016. Dan hasilnya memang sangat fantastis sekali keren dan menakjubkan.

Yamaha RD400 tergolong mempunyai kemudi dan pengereman yang di tujukan untuk pecinta kecepatan di tahun 1977 maka sean ingin membawa motor ini ke era modern namun tanpa menghilangkan kesan klasiknya. Meskipun sekarang banyak bertebaran shock depan USD namun tak mmebuat sean untuk melirik part ini dia menggunakan suspensi kepunyaan yamaha R6 generasi awal yang lebih besar namun tetap kuat menahan beban. Segala sesuatunya di persiapkan sematang mungkin dalam penyetelan suspensinya meskipun motor jadul namun tetap mempertahankan bentuk dan juga kenyamanan yang mumpuni.



Tidak lupa juga dengan suspensi belakang yang di buat sedemikian rupa, yakni suspensi double untuk mengontrol kestabilan motor saat melaju. Bagian speedo juga perlu di ganti dan alternatif yang di pakai adalah speedometer koso tinggal di bersihkan saat pemasangan tinggal clip on. Dan semuanya sudah selesai dan bagaimana si empunya melihat motor ini setelah di permak habis-habisan dan sang pemilik pun berkata sambil kaget ” Itu suara dan bau membawa kembali kenangan yang menyenangkan motor 2 tak pada waktu itu ” Sambil tidak percaya kalau motornya kembali menjadi lebih modern walau mesin masih 2 tak.


Semoga bermanfaat & bagikan ke temen-temenmu biar  tahu

Sumber >> orongorong.com

0 Response to "2 Stroke 400cc !! Gimana Tenaganya ya ?? Inilah Spesifikasi RD400"

Posting Komentar