Fakta Mengejutkan di Balik Pebandingan Akselerasi ENGINE Yamaha RX King Vs Kawasaki Ninja 150


Fakta Mengejutkan di Balik Pebandingan Akselerasi ENGINE Yamaha RX King Vs Kawasaki Ninja 150 


Sesuai dengan judul di atas, pasti semua sudah sering mendengar perbandingan dua motor tersebut. Terutama tentang akselerasi dan top speed. Yang punya ninja bilang ninja paling OK, yang punya RX King juga gak mau kalah bilang motornya yang lebih kenceng. Sebenarnya mana sih yang benar?
Kebetulan saya punya dua-duanya, RX King tahun 1991 dan Ninja R tahun 2012 (beda 21 tahun bro). Dua-duanya mesin standar, tidak ada yang oversize. Untuk yang RX King ada perubahan pada knalpot yang dibobok (freeflow)
Di dini saya akan memberi penilaian sesuai dengan yang saya rasakan selama menggunakan 2 motor tersebut. Untuk yang ninja sih baru 3 bulan ini, tapi secara garis besar saya sudah paham karakter motor ini.
1. Akselerasi
Harus diakui bahwa yang orang-orang bilang tentang "jambakan setan" benar-benar bisa dirasakan lebih "gila" pada RX King, terutama untuk gigi 1-2-3. Tarikan RX King terasa begitu enteng, sangat berpengaruh pada waktu melewati jalan macet. Jadi, untuk masalah akselerasi/tarikan, RX King lebih unggul daripada Ninja, dengan catatan keduanya mesin sama standar.
2. Top Speed
Terus terang saya sebenarnya tidak tahu berapa top speed kedua motor ini. Untuk yang RX King jelas, lha wong spidometernya ada di lemari kok, gak dipasang, sementara untuk Ninja belum ada kesempatan mencoba, maklum gak ada trek lurus yang panjang. Nah, jadi ya berdasarkan perkiraan saja, saya yakin 99% masalah top speed Ninja lebih unggul. Mungkin 150-an km/jam. RX King sekitar 130-135 km/jam. Ada yang bilang Ninja standar bisa 170 km/jam, itu mah menurut saya lebay. Saya pernah ngetes Ninja di spidometer 100 km/jam, di GPS 95,4 km/jam.. nah kan tidak sama.. Tapi saya salut ini spidometer Ninja penyimpangan tidak begitu jauh. Dibandingkan saat saya pakai Supra X, 80 km/jam on spido, 71 km/jam on GPS, padahal makin tinggi kecepatan, makin besar juga penyimpangan, berarti kalau di spido Supra X 100 km/jam mungkin di GPS cuma 85 km/jam ya... hehe. Pantas saja saya pernah gigi 3 105 km/jam. Untuk yang RX King belum sempat saya coba pakai GPS.
3. Ketahanan Mesin
Ini yang susah membandingkan, soalnya Ninja baru 3 bulan sih. Tapi mungkin RX King 91 saya lebih "bandel" ya... Soalnya pernah tuh 5 bulan motor gak dipakai, di depan rumah kehujanan, kepanasan, benar-benar sampai karatan stangnya, ban kempes dan lengket, tapi... begitu kontak on, tarik choke, diengkol langsung nyala. benar-benar jempol deh. Pernah kebanjiran juga dipinggir jalan, sudah takut waktu itu jangan-jangan mogok, eh ternyata selesai hujan begitu diengkol gak ada masalah... langsung ngacir. Servis ringan 3 bulan sekali, ganti oli  4 bulan sekali, lainnya gak ada perawatan khusus.


sumber >> fazedook.blogspot.co.id

0 Response to "Fakta Mengejutkan di Balik Pebandingan Akselerasi ENGINE Yamaha RX King Vs Kawasaki Ninja 150 "

Posting Komentar