Mengubah Membran RX King Upgrade RX-Z Dijamin Tarikannya Makin Njambak Setan




Si Jambret memang julukan sejak lama motor Yamaha 2-tak legendaris bernama RX-King.

Bagaimana tidak, kapasitas mesin yang hanya 132 cc namun untuk lari motor bisa secepat jambret.

Motor ini banyak juga yang mempergunakannya untuk adu kebut karena kemudahaannya di korek.

Salah satu caranya yakni dengan mengganti katup buluh atau membran.


RX-King untuk katup buluhnya atau reed valve menggunakan plat besi tipis.

Untuk membuat pasokan bahan bakar dan udara makin besar ternyata bisa lho menggunakan reed valve milik saudaranya yakni RX-Z.

Bila dilihat sekilas, punya RX-Z lebih besar namun untuk lubang dudukan di blok sama dengan RX-KIng.



"untuk RX-King lebar lubang masuk membran 15 mm dan panjang 20 mm. Untuk RX-Z lebarnya 18,5 mm dan panjang 24,5 mm" ucap Ferry Agus Irawan punggawa Jayus 77.


Dari pengukuran tersebut sudah pasti aliran bensin dan udara bisa lebih deras masuk dan membuat tenaga motor pastinya melonjak.

Namun, untuk pemasangan tidak bisa langsung plek di blok RX-King.

Pelebaran lubang reed valve dilakukan dengan bantuan bor tunner sebanyak 2 mm di setiap sisi bloknya.

Buat juga sedikit coakan di blok agar baut pemegang lidah membran tidak mentok di blok.


"untuk ukurannya di kira-kira saja. besi stopper akan lebih bagus dipotong, jadi lidah membran yang terbuat dari fiber bisa lebih maksimal terbuka" tambah pria yang ngebengkel di Jl. Bumi Sani Raya, Tambun, Jawa Barat.

Sementara untuk harga reed valve RX-Z, part berkode 3BS-13610-00 ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 550 ribu.





sumber >> motorplus.gridoto.com

0 Response to "Mengubah Membran RX King Upgrade RX-Z Dijamin Tarikannya Makin Njambak Setan"

Posting Komentar